Selasa, 01 Februari 2011

KOMUNIKASI PARIWISATA DIKAITKAN DENGAN BIDANG KOMUNIKASI

KOMUNIKASI

Komunikasi atau communication berasal dari bahasa Latin communis yang berarti sama. Communico, communicatio atau communicare yang berarti membuat sama ((make to common).
Secara sederhana komunikasi dapat terjadi apabila ada kesamaan antara penyampaian pesan dan orang yang menerima pesan.
Berikut adalah unsur2 komunikasi menurut Harold D. Laswell (1960) :
(who? says what? in which channel? to whom? with what effect?)

Keterangan :

1. Who? (siapa/sumber)
Sumber/komunikator adalah pelaku utama/pihak yang mempunyai kebutuhan untuk berkomunikasi atau yang memulai suatu komunikasi,bisa seorang individu, kelompok, organisasi, maupun suatu negara sebagai komunikator.

2. Says What? (pesan)
Apa yang akan disampaikan/dikomunikasikan kepada penerima (komunikan), dari sumber (komunikator) atau isi informasi. Merupakan seperangkat simbol verbal/non verbal yang mewakili perasaan, nilai, gagasan/maksud sumber tadi.

3. In Which Channel? (saluran/media)
Wahana/alat untuk menyampaikan pesan dari komunikator (sumber) kepada komunikan (penerima) baik secara langsung (tatap muka), maupun tidak langsung (melalui media cetak/elektronik dll).

4. To Whom? (untuk siapa/penerima)
Orang/kelompok/organisasi/suatu negara yang menerima pesan dari sumber. Disebut tujuan (destination)/pendengar (listener)/khalayak (audience)/komunikan/penafsir/penyandi balik (decoder).

5. With What Effect? (dampak/efek)
Dampak/efek yang terjadi pada komunikan (penerima) setelah menerima pesan dari sumber, seperti perubahan sikap, bertambahnya pengetahuan, dll.

KOMUNIKASI PARIWISATA

Pariwisata berasal dari 2 kata, yakni :

  • Pari : banyak, berkali-kali, berputar-putar, lengkap
  • Wisata : perjalanan, bepergian
Jadi, pariwisata berarti perjalanan yang dilakukan berkali-kali, berputar-putar dari suatu tempat ke tempat lain.
Komunikasi pariwisata adalah suatu aktivitas manusia dalam menyampaikan informasi tentang perjalanan ke suatu daerah/objek wisata.
PROMOSI PARIWISATA

Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.
Promosi pariwisata dalam hal ini adalah kampanye dan propaganda kepariwisataan atas rencana/program wisata secara kontinu.
Dalam melakukan promosi pariwisata diperlukan komunikasi. Dimana komunikasi harus memiliki minimal 3 unsur agar suatu komunikasi dapat berlangsung dengan baik. 3 unsur yang harus ada dalam sebuah kegiatan komunikasi yaitu : adanya komunikator sebagai pemberi informasi, adanya pesan yang disampaikan dan adanya komunikan sebagai penerima informasi. Selain 3 unsur tersebut, harus terdapat alat (instrumen) sebagai media perantara pemberi pesan dari komunikator kepada komunikan.

Alat promosi (promotion instrument) yang banyak digunakan adalah :
  • Advertising (terdiri atas outdoor travel advertising dan point of sale advertising)
  • Sales Support
  • Public Relation
Perlu dibuat "promotion materials" yang baik agar kesan terhadap produk yang dihasilkan memenuhi keinginan "potential customers" yang diharap akan membeli/mengunjungi suatu daerah wisata tersebut.
Maksudnya : perlu dibuat suatu materi dalam pemasaran wisata agar menarik perhatian pelanggan.


KAITAN ANTARA KOMUNIKASI PARIWISATA DENGAN BIDANG KOMUNIKASI

Pentingnya komunikasi dalam komunikasi pariwisata adalah dalam proses pemasaran, yakni komunikator harus bijak dalam memasarkan produk wisata agar dapat menarik perhatian pelanggan untuk menggunakan produk wisata. Dalam melakukan kegiatan pemasaran, tentunya seorang komunikator akan menggunakan teknologi untuk melakukan kegiatan pemasaran.

Misalnya saja teknologi sistem informasi dalam hotel. Komunikator dalam kegiatan promosi hotel dapat membuat website pariwisata yang didalamnya berisi reservasi online, sistem pembayaran online, pengelolaan dan base pariwisata serta interaksi dan transaksi pariwisata. Semakin detail informasi yang ada di website pariwisata itu, maka calon pelanggan akan semakin tertarik untuk menggunakan jasa/berkunjung ke daerah wisata tersebut
.

Pentingnya komunikasi untuk komunikasi pariwisata adalah bagaimana seorang komunikator menggunakan teknik komunikasi yang efektif, sehingga pesan dapat tersampaikan dan ada feedback.

(materi perkuliahan 1 di mata kuliah komunikasi pariwisata)




1 komentar:

Aprianto Samah mengatakan...

wah nice inpo untuk smester depan...
Maafkn saya yg kmbli keluar dri kelompok kalian...
hehehe